STREET LAW : SEMBILAN BINTANG LAW FIRM MENJAMAH PARALEGAL DESA LEUWIKARET BOGOR

Selasa 09 Juli 2019 di Hotel Renotel Sentul Bogor, Kantor Hukum Sembilan Bintang & Partners, kembali mendobrak semangat penegakan hukum. Hal itu tergambarkan dalam acara Pelatihan paralegal desa Leuwikaret kab bogor. Beranggota kan 2 punggawa tim sembilan bintang law firm yakni R. Anggi Triana Ismail, S.H. & Rachman Nugeraha, S.H., M.H., satu sama lain memaparkan kaidah-kaidah hukumnya masing-masing.

Rachman Nugeraha, S.H., M.H., (biasa dipanggil sahabat aman), memaparkan tentang pengantar hukum dan giat kerja paralegal dalam mengawal penegakan hukum di negara demokrasi. Sahabat aman, menyampaikan bahwa menjaga & merawat keadilan adalah sebuah keniscayaan dan menjadi paralegal adalah kewajiban dalam perjalanan menuju singgasana nya berdasarkan permenkumham No. 1 tahun 2018 tentang paralegal. Di sisi lain R. Anggi Triana Ismail, S.H., (biasa dipanggil bung Gie), is memaparkan perihal praktik hukum KUHA Pidana & KUHA Perdata kepada audience yang hadir sebanyak 20 orang pilihan desa Leuwikaret uang didalam nya adalah salah satu nya jajaran desa Leuwikaret karet.

Gie berharap, kepada seluruh paralegal desa Leuwikaret untuk bisa mendobrak kejumudan pola fikir dalam memandang serta mengawal penegakan hukum di negeri ini, membaca peraturan perundang-undangan (postivisme) saja tidaklah cukup, perlu keterlibatan moral dalam menggapai keadilan itu sendiri. Karena keadilan tak hanya dipandang sebagai harapan para pencari keadilan (justitia ballen) melainkan sebuah kebutuhan bagi semua orang yang hidup didunia ini.

Sahabat aman & bung Gie, sama-sama memiliki harapan baik terhadap kehadiran paralegal ini. Mengawal demokrasi serta menjaga marwah penegakan hukum dalam dinamika berbangsa & bernegara sangat lah penting. Ditengah negara ngebut pembangunan dalam semangat developmentalisme, akan ada banyak serpihan-serpihan inkonstitusional didalamnya.

Akan ada banyak tabrakan-tabrakan hukum baik oleh perorangan maupun badan hukum yang bakal menciptakan ketidakseimbangan. Karena berdasarkan pada kebutuhan serta kepentingan, setiap subjek hukum akan sebagian banyak menghalalkan berbagai macam cara tuk menggapainya, guna realisasi proyeksi nya. Tanpa enggan mempertimbangkan nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan didalamnya. Adanya paralegal ini, akan sangat membantu para pencari keadilan (justitia ballen) dalam menemukan hakikat keadilannya.

Oleh: R. Anggi Triana Ismail, SH (Advocate & Dirut Sembilan Bintang Lawfirm)

Sembilan Bintang
info@sembilanbintang.co.id